Wednesday, May 2, 2012

Sejarah Ekspresionisme

www.smkn1-rotabayat.sch.id smkn1rotabayat.blogspot.comwww.smkn1-rotabayat.sch.id smkn1rotabayat.blogspot.comEkspresionisme dikembangkan oleh Gustave Flaubert, yang berasal dari Prancis. Tokoh-tokoh terpenting dari aliran ini adalah Franz Kafka, Ernest Toller, George Kaisar, dan Fritz Von Unruth. Pengaruh aliran ini sangat besar pada awal abad ke-20.
Ekspressionisme
Definisi dari ekspresonisme ialah:
1. (Seni) aliran seni yang melukiskan perasaan dan pengindraan batin yang timbul dari pengalaman di luar yang diterima tidak saja oleh pancaindra, melainkan juga oleh jiwa seseorang.
2. aliran kesusastraan yang lebih mementingkan soal kejiwaan daripada menggambarkan kejadian yang nyata
Jadi,Ekspresionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi atau penurunan nilai kenyataan dengan efek-efek emosional. ekspresionisme juga merupakan aliran yang mengutamakan curahan batin secara bebas. bebas dalam menggali obyek yang timbul dari dunia batin, meliputi imajinasi dan perasaan.
Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan, sastra, film, arsitektur, dan musik. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia. seperti kengerian, kekerasan, kemiskinan, kesedihan dan keinginan lain dibalik tngkah laku manusia. pelopor ekspresionisme yang berasal dari Indonesia adalah Affandi, Zaini dan Popo Iskandar.
Seniman ekspresionisme lebih merasakan gejolak dalam jiwanya. Yang menyesakkan padat di dalam kalbunya dengan tak memerlukan rangsangan dari luar. Seniman ekspresionisme mengeluarkan emosi yang ada saat ia melihat, membaca, melukis, menonton, mendengarkan dan bahkan hanya cukup membayangkannya atau mengkhayalkannya.
Contohnya, pada aliran realisme. Apa yang dilihatnya, yang nyata, maka seniman ekspresionisme merasakan apa yang bergejolak dalam jiwanya. Pengarang ekspresionisme menyatakan perasaan cintanya, bencinya, rasa kemanusiaanya, rasa ketuhannya yang tersimpan didalam dadanya.
Ke dalam aliran ekspresionisme termasuk juga aliran-aliran: romantic, idealisme, mistisisme, surealisme, simbolik, dan psikologism.

No comments:

Post a Comment