Wednesday, May 2, 2012

Akira Takasaki; Gitaris Kelas Dunia dari Jepang

www.smkn1-rotabayat.sch.id smkn1rotabayat.blogspot.com

Akira Takasaki

Akira merupakan gitaris rock pertama dari negara Jepang bahkan mungkin Asia yang berhasil mensejajarkan namanya dengan gitaris papan atas dari negara-negara Barat. Ia pertama kali belajar gitar saat berusia 12 atau 13 tahun. Awal ngeband, ia tergabung dalam grup, Lazy. Setelah beberapa tahun ia memutuskan ingin keluar dari band ini. Ia merasa jiwanya membutuhkan musik yang lebih heavy. Keinginan itu akhirnya ia realisasikan awal tahun 1980 ketika dunia musik rock sedang dilanda demam Van Halen. Van Halen sangat menyita perhatian Akira, pasalnya mereka berhasil mengangkat namanya melalui permainan dan teknik two handed tapping yang ditampilkan gitarisnya, Eddie Van Halen.
Akhirnya Akira membentuk Loudness dengan mengajak Munetaka Higuci (drum) yang merupakan rekannya semasa masih bermain di Lazy, 2 personel baru yaitu Minoru Nihara (vocal), Masayosi Yamashita (bass). Album perdana berjudul Birthday Eve dirilis pada tahun 1981. Namun album tersebut baru beredar di negara Jepang saja. Baru pada album Thunder In The East (1985) album ini mulai direlease ke Amerika. Ternyata album tersebut mendapat respon yang positif dari pendengar musik-musik rock Amerika. Album Lightning Strikes dan Hurricane Eyes juga sukses dipasaran Amerika.

Biodata
Kesuksesan grup ini tak lepas dari nama Akira sebagai frontman. Ia juga sempat memecat Minoru Nihara dan menggantinya dengan vocalis metal asal Amerika, Michael Vescera yang nantinya sempat menjadi vocalis di beberapa album solo Yngwie Malmsteen dan Roland Grapow. Beberapa tahun kemudian personel lainnya juga diganti. Namun pada akhir tahun 90an, personel-personel lama kembali dipanggil. Sampai sekarang Akira berkarir bersama Loudness sudah menghasilkan lebih dari 20 album.
Akira juga berkali-kali terpilih sebagai Guitarist of The Year oleh majalah-majalah di Jepang. Ia juga menjadi inspirator bagi gitaris-gitaris hard rock di Jepang seperti Hide dari X-Japan. Konon ia juga mendirikan dan memanage merk gitar Killer (gitar yang dimainkannya saat ini).

No comments:

Post a Comment