ldeologi arsitektur ekspresional hanya sedikit terwujud dalam bentuk arsitektur. Akibatnya 40 tahun kemudian (sekitar '60 an) kembali, sebagai
kelompok kecil arsitektur fantastik ldeologi Fantastic architecture ini: Menghargai kebebasan imajinasi arsitek dalam melawan bangunan- bangunan konvensional dan rationalism. Hundertwasser (Pelukis Austria-awal 60 an) dengan buku :
MOLLID MANIFESTO AGAINST RATIONALISM IN ARCHITECTURE
Dengan dua Tema :
1. Kebebasan mencipta mernpakan seni dalam arsitektur
2. Cenderung melawan rasionalis-konvensionalis yang menganggap garis lurus adalah sesuatu yang jujur dan efisien
Hundertwasser mengajukan gagasan lain:
Mengahargai kebebasan bentuk dan garis seperti makhluk-makhluk mikrobiologi.
Beberapa karya yang menganut idea ini diciptakan para arsitek fantastik seperti :
BRUCE GOFF, GORMAN, RODDILA, dan lain-lain
(idea-idea mikrobiologis)
a. Mereka memperhatikan aneka sifat barang dan bahan yangg ada disekitarnya (dari tutup botol sampai kerikil).
Sebagai penyaluran ekspresi yang memiliki ketentuan dan kekuatan sendiri yang wajar
b. Keahlian ahli struktur dari MORENDI sampai FREI OTTO yang menghasilkan karya eksprektif yang fantastik.
CONTOH-CONTOH, ulasan protipe
Berbicara
sekitar idea fantastik, perlu diketengahkan ahli-ahli struktur sebagai
arsitek yang brilian dari Morendi sampai Nervi. Frei Otto dengan kabel
tariknya sampai dengan 21 km, yang mencoba mewujudkan konsep hyperbolic berupa kubah luas setebal (hanya) 14,5 cm dengan bentang 10 m Sama-sama berangkat dari pendekatan struktur, Hans Scharoun (arsitek Jerman) : Karya fantastik bisa mendekati kebenaran empirik.
Scharoun sebagai arsitek UTOPIAN memegang kuat kreatifitas individu
sebagai ukuran kualitas. Philharmonic Hall di Berlin, mencoba
menyatakan kesan dan suasana hingar bingar pada eksterior dan
interiornya. Semangat 'musical perfomance' diwujudkan dalam penataan
ruang dalam mengikuti bentuk dan irama yang diciptakan air terjun (berderai, bergelora, bergemuruh, dan seterusnya). Karya lain secara politis dan fungsional digolongkan pada fantastik adalah
Sidney Opera House (karya Jorn U). Karya ini banyak diperdebatkan oleh parlemen di Australia, banyak peserta
yang mengundurkan diri karena program yang berubah. Secara arsitektur dapat dipertanyakan apakah shell voult sesuai dengan keperluan akustik
ruangan atau ekspresi fungsi opera yang diinginkan.
TRADISI INTUITIF MENDATANG, kecendrungan abad 21 Idea dan bentuk diambil mulai dari hal-hal biasa sampai khayalan diluar
manusiawi. Selain itu diramalkan adanya kelemahan-kelemahan yang bisa menjadi sasaran kritik, antara lain:
-Kesederhanaan yang cenderung naif (naivity)
- Asumsinya tentang hal yang melulu bersifat teknologi, akan dapat diterima dan menjadi bagian dari masyarakat.
Bagaimanapun tradisi ini mencoba membenahi pandangan tersebut selain memperlihatkan potensi mereka yang bersifat sosial, yaitu potensi
membangun.
-
Pada dasarnya tradisi intuitif selalu meninjau bidang" lain ( Untuk
meminjam atau digunakan kembali untuk merubah hal-hal yang ada pada
masa kini)
™ Bahasa kekhususan tradisi intuitif-fonnalisme abstrak-mencoba mempertemukan ideologi-kreatifitas-dan pendapat umum.
Ekspresionisme
merupakan gerakan untuk mencapai campuran cita-cita yang kompleks yang
dicirikan sebagai irasional, emosional, antropomorfik, romantic, dan
monumental. Gerakan ekspresionisme kerap diyakini sebagai ide ruang,
dimana bagian-bagian utama dari komposisi-komposisi arsitekturalnya
biasa terdiri dari masa bangunan
yang sifatnya sentral, dominan, dan menjulang.
No comments:
Post a Comment